Beranda > Feature, Pariwisata > Pariwisata; Berlibur ke Pulau Banyak nan Eksotis

Pariwisata; Berlibur ke Pulau Banyak nan Eksotis

Pulau Banyak Aceh Singkil

Banyak Islands

Aceh Singkil sebagai salah satu Kabupaten Daerah Tujuan Wisata di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam mempunyai potensi  yang cukup besar bagi pengembangan sektor pariwisata karena memiliki keindahan, kekayaan alam dan kehidupan sosial budaya serta peninggalan – peninggalan sejarah yang semuanya dapat dijadikan objek wisata. Alam Aceh Singkil yang begitu menakjubkan dan mempesona belum dapat di manfaatkan secara maksimal, banyak sekali potensi wisata yang selama ini terpendam, diantaranya adalah wisata bahari yang saat ini sudah mulai dikembangkan.

Salah satu potensi yang dapat dikembangkan sebagai lokasi Wisata Bahari adalah Pulau Banyak. Sebagai daerah kepulauan, Pulau Banyak selain   memiliki laut yang cukup luas juga pantai yang sangat panjang dan indah, pantai Pulau Banyak tidak kalah dengan Bali. Pasir putihnya lebih lembut dari Legian Bali, lambaian daun- daun kelapa yang rindang semakin memperindah suasana tamasya dengan pemandangan alam pantai tropis. Indahnya panorama Sunset juga menjadi tontonan tersendiri yang mengasyikkan.

Keadaan umum Pulau Banyak

Banyak Islands

Kecamatan Pulau Banyak merupakan satu- satunya Kecamatan Kepulauan di Kabupaten Aceh Singkil, luas wilayah secara keseluruhan adalah 27,196 Ha. Pulau Banyak yang terdiri dari gugusan pulau- pulau berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, tepatnya di ujung sebelah barat Pulau Sumatera.

Aksesibilitas
Pulau Banyak hanya dapat dicapai melalui perjalanan laut dengan sarana angkutan berupa boat (Kapal Motor). Pulau Banyak dapat dicapai dari :

  • Singkil (3 – 4 jam)
  • Sibolga (9 – 12 jam)
  • Nias (6 – 8 jam)
  • Teluk Jamin (6 – 8 jam)

Akses paling mudah menuju Pulau Banyak adalah dari Kota Singkil ibukota Aceh Singkil. Transportasi menuju Pulau Banyak dilayari oleh boat reguler setiap hari Senin, Kamis dan Jum’at. Selain itu calon penumpang juga dapat menyewa/rental kapal atau speed boat.


……………………………………………

Surfing

Terdapat 12 titik ombak untuk selancar yang cukup panjang dan mencapai ketinggian 6 meter yang tersebar di pulau Bangkaru, ujung Silingar dan bagian selatan Pulau Tuangku. Titik selancar yang paling banyak dikunjungi oleh peselancar adalah pantai Amandangan dan pantai Pelanggaran di pulau Bangkaru.

Berselancar yuk..

Ombak Pulau Banyak yang menggoda peselancar pertama sekali ditemukan oleh Marcus Keeshan pada tahun 2001. Yang kemudian dia mempublikasikan kehebatan ombak Bangkaru sebagai tempat surfing terbaik di dunia. Menurutnya ombak di kawasan ini sangat ideal bagi peselancar kelas dunia karena tingginya mencapai 6 meter. Begitu pula lokasinya. Airnya dingin, ikan hiu jarang terdapat, tempat berselancar berada satu sampai dua meter diatas karang dan musim selancar relatif panjang.

Scuba Diving

Menikmati keindahan keanekaragaman hayati terumbu karang dilakukan dengan dua cara. Pertama, pada bagian perairan dangkal dengan menggunakan perahu yang lantainya atau bagian dinding bawah perahu itu terdiri atas gelas kaca tembus pandang. Dengan demikian penumpang perahu dapat melihat apa- apa yang ada dibawah perahu.

Menyelam

Kedua, dengan menggunakan perlengkapan menyelam khususnya untuk tempat- tempat yang dalam yang tidak mungkin dapat dilihat dengan perahu yang lantainya tembus pandang yaitu peralatan Scuba Diving.

Laut Pulau Banyak menyajikan pemandangan alam. Keunikan  laut berupa terumbu karang dengan flora dan fauna laut yang khas yaitu tumbuhan laut dan ikan- ikan karang yang beraneka ragam warna dan berbagai ukuran. Beberapa areal pariwisata di daerah ini adalah Pantai Pulau Tailana, Rago- rago, Matahari, Pabisi dan Sikandang. Kebanyakan di daerah ini merupakan tempat yang indah dengan pantai yang berkarang dan airnya yang jernih, sehingga karang- karang yang berada pada kedalaman lebih dari 3 meter terlihat jelas dari atas perahu.

Satwa Langka

Perjalanan para wisatawan ke Pulau Banyak belum sempurna jika belum menuju Pulau Bangkaru. Perjalanan yang menarik adalah ketika melihat Penyu bertelur setiap malam. Ataupun melihat bayi- bayi penyu merangkak ke laut pada saat matahari terbit. Pantai Amandangan dan Pelanggaran di Pulau Bangkaru merupakan kawasan wisata yang menarik khususnya untuk wisatawan yang berminat melakukan penyelidikan terhadap Penyu yang setiap malamnya memenuhi pasir putih pantai Amandangan.green turtle

Beberapa jenis penyu:

  • Penyu Hijau
  • Penyu Belimbing
  • Penyu Sisik


Wisata Penjelajahan (Adventure)

Penjelajahan dapat dilakukan di pulau Tuangku. Penjelajahan ini berupa Treking yaitu berjalan kaki menyelusuri hamparan hutan sambil menikmati keindahannya. Perjalanan dapat dimulai dari Kampong Haloban dan disepanjang perjalanan wisatawan dapat melihat Kancil, Beo Nias, Tupai, Babi Hutan dan Kupu- kupu beraneka warna. Juga terdapat Goa Kelelawar dan Goa Sarang Burung Walet. Hutan Pulau Tuangku sangat menarik dan masih tergolong utuh. Buaya Muara (Crocodylus Porosus) terkadang muncul di perairan sungai di pedalaman hutan Pulau Tuangku, ukurannya yang sangat besar jarang dijumpai di tempat lain.

Sumber: www.pulaubanyak.com

About these ads
Kategori:Feature, Pariwisata
  1. Juli 21, 2007 pukul 10:32 | #1

    Salam kenal dari Nias Island Today.

  2. Agustus 5, 2007 pukul 13:08 | #2

    saia mau tanya…

    1. apa masih ada habitat penyu di pulau banyak..
    tepanya di pulau bengkaru..
    2. kalau memang masih ada, saia minta
    jgn di perjual belikan telur penyu tsb.
    3. jgn sampe hewan tersebut jd langka,
    sebenar nya hewan ini bisa di jadikan tombak
    pariwisata di ke pulauan banyak. kab. aceh singkil

    salam dari putra daerah aceh singkil, di bandung.

    sekian terima kasih..

  3. acehsingkil
    Agustus 13, 2007 pukul 15:03 | #3

    To Sdr Paul,
    terima kasih sudah mampir..
    Mengenai pertanyaan anda mengenai keberadaan penyu di pulau banyak, telah saya tampilkan tulisan2 mengenai masalah tersebut dari berbagai sumber,smoga bisa membantu.
    Karena dlm 1 tahun ini belum blik k aceh singkil, jd belum tahu pasti bgaimana perkembangannya.
    Salam buat semua saudara di Bandung…

  4. empi muslion
    Oktober 8, 2007 pukul 18:16 | #4

    à Lyon

    Bonjour

    Fadh gimana kabar penyunya sekarang ??
    ngomong-ngomong thesisnya mengenai ekosistem penyu di aceh singkil yaa ?? kalo boleh minta gambar-gambarnya dongggg….
    oh ya apa beda telur penyu sama telur kura-kura ??? apa beda penyu dengan buaya ??
    itu dulu tolong direpond yacHHH ??

    Cordialement

  5. t_fadh
    November 19, 2007 pukul 14:05 | #5

    To Bang Empi Muslion

    Bonjour

    Asslmkm bg..
    Alhamdulillah kbr penyunya sudah lumayan diperhatikan bg.
    Klo tesis bukan mslah penyu bg, tp tentang pembangunan after disaster di aceh singkil..
    Waduh pertanyaan bikin bingung tu bang, ntar dch klo ada fotonya biar dikirim aja, biar abg lihat sendiri apa bedanya…:)
    Kirimin juga dnk bg foto2nya di Lyon..
    Sukses ya bg….
    Amien!!

  6. November 21, 2007 pukul 18:23 | #6

    Assalamualaikum WW

    Yusfadh, kangenn neeh tidur di lab lagiii..
    Abang MENGUCAPKAN FELICITATION YAA ?? SELAMAT UDAH MELAKSANAKAN UJIAN PEMBAHASAN THESISNYA “SEKALI LAGI SELAMAT”
    SELAMAT MENYANDANG “MT”…

    Foto foto bisa Abang kirim (tapi jangan diledek yaa ?? karena fotographernya masih amatiran) kemana abang kirimkan ?? atau lewat YM aja… gimana ???

    Sekarang lagi di Jogja yaaa ??
    jalan terussssssss…..
    bawa telor penyu ngaak ????

    SALAM KANGENN
    LYON

  7. t_fadh
    November 21, 2007 pukul 19:11 | #7

    to Bg empi di Lyon;

    waalaikumslm wr.wb

    hehe..mksih ya bg ucapannya.

    kirim la bg fotonya, ga bklan diledekin kok :)
    kirim ke email aj bg di yusfadh@yahoo.com tp klo di YM boleh juga…

  8. paul
    November 28, 2007 pukul 01:46 | #8

    kemaren saya dtg ke singkil…
    awal november.
    mau lihat lgsg itu penyu..
    tp sayang cuaca kurang baik, untuk menjangkau
    pulau bangkaru..

    klau bleh tahu ukuran penyu itu segedek mana..?

    trus di mana saya dapat kan
    info dr pantai amandangan dan pelanggaran..??
    kata nya ada 12 titik tempat selancar di sana..
    dgn ketinggian 6 meter..

    oiya,,, saya minta foto dr pantai amandangan
    dan pelanggaran yg asli.

    jgn lupa bilangin kpd dns pariwisata singkil
    tolong kasih informasi yg
    jelas dan akurat.

  9. Desember 20, 2007 pukul 20:53 | #9

    Ass.WW

    Bonjour YUSFADH..

    SELAMAT DAN SUKSES DALAM MENEMPUH PENDIDIKAN DI PROGRAM MASTER TEKNIK PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA UNIVERSITAS DIPONEGORO.

    SEMOGA ILMUNYA DAPAT BERMANFAAT BAGI DIRI SENDIRI, AGAMA, KELUARGA, LINGKUNGAN, TEMPAT BEKERJA, MASYARAKAT, NUSA DAN BANGSA.

    SELAMAT….

    Empi MUSLION
    LYON

  10. t_fadh
    Desember 27, 2007 pukul 18:09 | #10

    Bonjour jg Bg Empi…

    Mksh Bg buat dukungannya selama ini, dorongan semangatnya, doanya, dan semuanya dch….
    Mksh ya bg….

    Sukses juga ya ab..

    T. Yusfadh Hijrin, SSTP, MT (ud boleh kan bg pake MT nya…hehe) (“,)

  11. acehsingkil
    Desember 27, 2007 pukul 18:24 | #11

    to Sdr. Paul

    Sebelumnya sy minta maaf krna br merespon catatan anda.

    Mengenai penyu sendiri sy juga belum terlalu paham (“,),.dan tentang foto yg anda sebutkan insya4jj1 saya akan tampilkan disini setelah nanti saya pulang ke Singkil.

    Terimakasih buat anda dan sukses selalu…

  12. bapikidz
    Februari 2, 2008 pukul 23:16 | #12

    Hai…hai…

    Sebelumnya SELAMAT MENYANDANG GELAR MT Yax!!!!
    Boleh Request ga???
    Klo ke Jakarta bawa penyunya ya!!boleh Toh…???
    biar bisa di budidayakan di Private Island 9w…
    kapan2 diajak deh…hehehe…

  13. anggra
    Februari 17, 2008 pukul 19:18 | #13

    Ass….

    setelah membaca semuanya, rasanya ingin sekali saya berlibur kesana,,,banyak sekali ternyata kekayaan alami yang tesedia di aceh, khususnya kab. singkil.
    tapi belum banyak yang saya ketahui jika saya datang kesana.
    apakah anda bersedia menjadi pemandu saya jika saya datang kesana?

  14. anggra
    Maret 30, 2008 pukul 17:03 | #14

    di pulau banyak rasa sakit hati bisa terobati tak???klo bisa saya mau kesana ni…

  15. Ikatan Pemuda Kaway 16
    April 12, 2008 pukul 19:28 | #15

    Salam Kenal …

    Saya tertarik dengan kab. singkil terutama dari sisi ekonomi, sosial dan budaya serta hukum yang berkembang didalam masy. singkil dan pulau banyak.
    bgmn jaringan lsm lokal yang ada di Aceh singkil, kebetulan saat ini saya bekerja di LBH Aceh Pos Meulaboh wil. kerja kita untuk pantai barsel.
    Mohon info dan kerjasamanya..

    Salam Hormat

  16. yan Junaidi, SE
    April 16, 2008 pukul 16:10 | #16

    pulau Banyak adalah daerah pariwisata yang sangat bagus untuk di kembangkan lagi melalui promosi-promosi pariwisatanya. harapan saya ke semua pihak agar bisa terus mempromosikan daerah ini supaya menjadi salah satu tempat wisata yang digemari dan diketahui oleh semua orang baik dalam dan luar negeri.
    terima kasih

  17. yan Junaidi, SE
    April 16, 2008 pukul 16:14 | #17

    hayo pemuda/i pulau banyak jangan ketinggalan trus gali potensi yang ada untuk meningkatkan kemajuan daerah khususnya wisata bahari kepulauan banyak……

    saya adalah Putra pulau banyak yang sangat bangga dengan pesona alam pantai dan bawah laut kepulauan banyak…….

  18. edo
    April 27, 2008 pukul 16:41 | #18

    slm knl…..

    saya cuma bilang tlg sampe kan ke pemda singkil maupun jg BRR apa gunanya mereka di singkil itu. (pihak yg bertanggung jawab wajib membangun daerah wisata aceh singkil )
    klau mau maju daerah nya khusus nya dari segi pariwisata, tlg bangun pusat bandara di kota singkilnya…
    pemda jgn di anggap sebelah mata
    potensi alam disana.

    karena saya liat obyek wisata pulau banyak sangat menjanjikan
    sgt bgs untuk dikunjungi…

    hal yg plg menarik di daerah ini adalah olahraga
    surfing, fishing, snorlking, serta panorama alam nya.

    karena saya lihat banyak wisatawan asing yg datang kesana, melalui simeulue, nias bahkan dari
    mentawai. tidak melalu singkil

    sekian terima kasih…
    tlg bls

  19. mukhyat fahlevi
    Juni 5, 2008 pukul 05:09 | #19

    apo kabar bg hijrin…
    bang, ado rencana pemerintah aceh singkil untuk membuat tempat pariwisata d pulau banyak n kuala baru?????
    klao ado, hubungi muyat yooo…
    hahahha…
    sekalian promosi…
    soalnyo, tugas akhir muyat rencana mau maambik judul, tempat wisata pulau banyak….
    hahahha….
    ado job ndak bang???abg kan planologi kan??bisa tu bakarajo samo!!!!!
    wakakwakw….

  20. mukhyat fahlevi
    Juni 6, 2008 pukul 06:56 | #20

    buat bang edo….
    bandara aceh singkil kan sekarang sdh ada bang!!!!!

  21. muhammadstudi
    September 15, 2008 pukul 20:18 | #21

    Bang,aku putra daerah asal aceh singkil juga ,lahir di rimo,dekat pabrik sokpin.salam kenal ya…,aku tinggal di jakarta.mari sama – sama kita majukan pariwisata aceh singkil.

    Reply from acehsingkil :

    Salam kenal ya buat Muhammad di Jakarta, alhamdulillah bertambah lagi saudara.. :)
    Insyaallah, perjuangan kita dinantikan oleh Aceh Singkil…amiin!!

  22. anggra
    September 18, 2008 pukul 14:29 | #22

    abang…pa kabar!!!

    thank 4 remindernya ya..

    ALLAH aLways be wiTh me!!

  23. ervanda_saputra
    September 30, 2008 pukul 05:50 | #23

    haiii,, singkil kpan lagi jangan di batas batasi dana prawisata pulau banyak,,
    Krna kmi pemuda 2 pulau banyak bersediah ikut serta ntuk memjukan pulau banyak sendiri,,

  24. ervanda_saputra
    September 30, 2008 pukul 05:57 | #24

    asslm,,,,
    Bang REPI ko awak si putra anak heldi ko bukak iko,,, bng commend awak yo,,
    Di ervanda@yahoo.com..

  25. ali hasmi
    Oktober 7, 2008 pukul 22:46 | #25

    kalo ada yang berminat mari kita ekpose penyelam alami oleh omak2 dan nenek2 di sungai singkil yang sangat luar biasa tanpa alat bantu, .. hanya untuk mendapatkan LOKAN… walaupun sang BUAYA siap MENERKAM… bisa diangkat untuk tema EAGLE AWARD….
    Salammm hasmirimo@yahoo.co.id

    Reply from acehsingkil :

    Ide yang bagus tu bg…
    Ayoo…siapa yang tertarik,..
    Sekalian untuk mengenalkan Aceh Singkil di ajang Nasional…
    Suksesss….. :)

  26. syafruddin
    Oktober 11, 2008 pukul 23:26 | #26

    aloww smua kawan2 di pulo banyak…br tau ambo klo ada situs pulo…salam ya buat smuanya…mungkin dah lupa sama saya…tp bagaimanapun saya pernah jadi danramil pulau banyak …mungkin banyak kesan2 ttg pulo…Lettu.Inf Syafruddin M.

  27. Oktober 16, 2008 pukul 10:49 | #27

    Tentang populasi penyu hijau dan penyu lainnya yang habitatnya ada di Pulau Bangkaru Kecamatan Pulau Banyak, saat ini telah dilakukan penelitian, pengawasan dan patroli rutin dari Yayasan Pulau Banyak(YPB) dan BKSDA Aceh Singkil. Pihak dari BKSDA NAD juga sudah melakukan kunjungan untuk melihat langsung habitat penyu yang ada di Kabupaten Aceh Singkil-Aceh tersebut. Yayasan Pulau Banyak dan Yayasan Wanahydro (WF) akan terus berbuat dan mengupayakan pelestarian penyu di Pulau Bangkaru tersebut bisa terus berjalan dengan dukungan masyarakat dan semua pihak…..

    Salam,

    Qadar
    Yayasan Wanahydro/WF Aceh Singkil

  28. heri rizha vahlevi S.hut
    Oktober 25, 2008 pukul 15:27 | #28

    ass….bang…..setelah membaca komentar di atas kenapa penyu selalu jg jadi bahan pokok pembicaraan, kan masih banyak tempat wisata di singkil selain pulau banyak, seperti rawa singkil/ dimana terdapat bermacam2 satwa liar bahkan ada yang langka, seperti burung ranggong papan, elang, nyamang, sejenis orang hutan dan masih banyak lagi. sayang kalo lokasi ini tidak dipelihara lambat laun hanya tinggal kenangan, padahal lokasi udah punya nama suaka margasatwa rawa aceh singkil.

    salam
    heri rizha vahlevi di bandung mahasiswa aceh singkil

    Reply from acehsingkil:

    Salam kenal ya buat sdr heri rizha vahlevi di bandung, kumaha damang?? :)
    Terima kasih atas sarannya, itu juga merupakan tujuan site ini untuk bisa menampilkan informasi mengenai rawa singkil, semoga bisa terealisasi dalam waktu dekat ini..insyaAllah. :)

  29. ervanda saputra
    November 14, 2008 pukul 01:21 | #29

    alhamdulillah tman prawisata pulau banyak suda mulai berdiri tegak, bangkit. Para wisatawan pun suda mulai berbondong2 dtang k pulau banyak,,,,

  30. Yarwin Adi Dharma, S. Pt.
    November 18, 2008 pukul 16:12 | #30

    Kalo Bupatinya Aceh Singkil masih Makmur Syahputra nampaknya pengembangan pariwisata di Aceh Singkil khususnya Pulau Banyak tidak akan maju dan berkembang. Do’akan ke depan ada putra daerah Aceh Singkil yang berjiwa membangun daerahnya bukan membangun daerah di mana suaranya menang sewaktu Pilkada dulu. Salam dr YARWIN ADI DHARMA, S. Pt. di Banda Aceh.

  31. ervamda saputra
    November 20, 2008 pukul 12:19 | #31

    hallo2 pulau banyak trutama pulau balai ne
    saya ervansa/putra,
    saya bangga kali pulau bamyak ge temar2′a masalah prawisata yang ada di tempat kita’

    hayo jangan diam lagi brusaha ntuk maju, pertahankan keindahan’a keanekaragaman’a.
    coba kita hayal kan ke depan sikit apa jadi’a nantik kalau pulau banyak itu jadi taman wisata nomor 1 di profinsi aceh ini .
    eeeeehhhhh alngkah makmur’a aceh singkil trutama kec pulau banyak sendiri.
    AMMMiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiimmm ya ALLAH
    I-MAEL: ervandasaputra@yahoo.co.id

  32. ahsan salim
    November 21, 2008 pukul 22:27 | #32

    her sehat…..smg cepet pulang membangun kampung halaman.jangan lupa main kesingkohor…….salam buat mereka yang ada disana,buat siapa saja.harapan saya,saya bisa pulang ke aceh singkil…..saya mau bangun aceh singkil…melanjutkan perjuangan orangtua.

  33. November 27, 2008 pukul 07:09 | #33

    Assalamu’alaikum ……
    salam kenal…saya juga dulu berada dalam daerah teritorial pemerintahan aceh singkil dan sekarang saya berada dalam Pemko Subulussalam……
    sungguh suatu Kreasi yang inovatif bagi daerah kita jika kita mampu mempublikasikan tentang daerah kita kepada orang lain melalui jaringan Dunia Internet….
    Salam Semangat buat kita semua…….dan jangan lupa beri komentar ya di Forum Mahasiswa Aceh Singkil Subulussalam…….
    Wassalam

  34. wahyu.G
    Desember 8, 2008 pukul 15:54 | #34

    Assalamualaikum wr..wb
    Maaf bg,aq mw tanya ttg almt n data lengkap Bandara A.Singkil.Saya warga Kota SUBULUSSALAM pndtang dr jawa.
    Krn slma ini saya blm tahu almt dan data lgkap ttg bandara itu.Kalau abg brkenan,silahkan abang krm e-mail ke saya,
    - tavrue@yahoo.co.id
    - eurvat.wg@gmail.com
    Sblmnya saya ucapkan terimakasih.

  35. Desember 16, 2008 pukul 22:48 | #35

    pengalaman selama ini kalo kita memperkenalkan asal daerah ‘ dari aceh singkil’ banyak yang tidak tahu di pulau mana letaknya…../////?????? terutama di Jakarta… mereka lebih familiar dengan GANJA, senjata n’ Kontak senjata dan tsunami…duh….

    Bagaimana mungkin kita menjual POTENSI Daerah bila Lokasi daerah kita saja orang tidak TAHU….. sudah saatnya kita “MENJUAL DIRI” dengan iklan baik media elektronik maupun BALIHO di jalan Protokol Ibukota….
    Mari kita sisihkan sedikit apbd untuk biaya promosi daerah…
    Bravo aceh singkil bhumi syeh Abdurrauf…

  36. RAIDER PULAU BANYAK
    Desember 18, 2008 pukul 16:38 | #36

    slm knl aja buat blog ini.

    saya cuma ngasih tau kepada PEMKAB. SINGKIL KHUSUSNYA PIHAK YG TERKAIT, jgn hanya tau menerima gaji doank, tolong tertipkan alias patroli kapal luar yg datang dari mentawai, nias, simuelue, sibolga bahkan dari luar negeri sekalipun yg berkunjung ke pulau banyak tanpa SURAT IJIN untuk melakukan olahraga selancar ( surfing ), yg mengakibatkan kerugian dan pendapatan daerah yg seharusnya di milik daerah ini. mengingat pulau banyak makin hari makin diminati wisatawan dari luar negeri yg datang tanpa melaluai kabupaten singkil. saya sebagai peselancar dan sekaligus seorang mahasiswa yg berasal dr aceh singkil merasa tersakiti dgn ada nya pelanggaran hak kewilayahan. ( maaf saya kurang paham tentang hukum di negeri ini jd mohon di maklumi ).

    pulau banyak di katagorikan tempat olahrga surfing berkelas dunia.

    sekian terima kasih.
    salam buat saudara2 ku yg di aceh singkil.

  37. Desember 22, 2008 pukul 20:40 | #37

    Bang hasan pa kabar……subhanallah…kapan bisa ketemu ya.padahal dah sama-sama sekolah dijawa tapi belum ketemu juga…ayo pulang ke singkohor..

  38. YARWIN ADI DHARMA, S. Pt
    Desember 26, 2008 pukul 16:21 | #38

    Saya sdh browser ke web FMASS (Forum Mahasiswa Aceh Singkil Subulussalam) tapi blm ada tampilan apa-apa. Masukan untuk Bang Salmudin kombih untuk selalu mengupdate setiap perkembangan & informasi terbaru khususnya mengenai daerah kt tercinta. Misalnya Informasi Pelaksanaan PILKADA di Subulussalam dll.

  39. Zulkiflan (katung bangkaru)
    Januari 19, 2009 pukul 13:19 | #39

    SARAN KATUNG BANGARU:
    1. ATURAN dan KEPENTINGAN: Tolong atur mekanisme kerja dan peran dlm penerimaan “uang” atas nelayan luar Aceh Singkil yang beroperasi di Pulau Banyak. Jangan sengsarakan nelayan pulau banyak atas koordinasi yang belum jelas.
    2. PLN:Saya juga sedih dengan kepedulian yang kurang terhadap kondisi kelistrikan di Aceh Singkil yang selalu kedap-kedip. Kita ga akan bisa bilang Aceh Singkil “BERHASIL”. Misal salah satu: Rumah Sakit. walaupun canggih peralatan medisnya, tapi akan dpt menelan korban jika mati lampu saat operasi berlangsung.
    3. Lembaga Pemasyarakatan (LP): Tolong bangun tempat ibadah di LP Aceh Singkil.
    4. HARUSKAH KITA BEGINI TERUS???

  40. eka dahlia sari
    Januari 21, 2009 pukul 16:09 | #40

    pantai mank salah satu wisata bahari yang paling seru dan menyenangkan.tp jka tidak dikelola dengan baik serta tidak adanya 5 faktor pendukung agr obkek wisata itu dapat berjalan dengan baik percuma saja.a oleh karena itu parsipasi pemda dan masyarakat sangatlah penting guna untuk menujang dan mengembangkan potensi yg tuhan ciptakan serta didukungnya dengan pakar2 lulusan pariwisata yang profesional dan energik.yang mengerti tentang dunia tourism tentunya

  41. Taufik
    Februari 15, 2009 pukul 08:09 | #41

    Salam kenal untuk komunitas ini. Saya bener2 tertarik mau mengunjungi Pulau Banyak. Kalau untuk penginapan gimana, apa banyak tersedia?

    reply from acehsingkil :

    Salam juga buat sdr. Taufik
    terimakasih atas kunjungannya ke blog ini,. Ide bagus tu klo mau jalan2 ke Pulau Banyak,alhamdulillah disana banyak tersedia penginapan yang sangat mendukung… :)

  42. abdullah berutu
    Maret 7, 2009 pukul 20:46 | #42

    kami(eLSIS fisip UISU) baru saja pulang dari pulau banyak ternyata banyak masalah disana, salah satu yang paling menonjol adalah keberadaan yayasan pulau banyak (YPB) yang telah menglihkan fungsinya sebagai pengelola pulau bangkaru.
    kami sangat terpanggil untuk segera turun tangan. karena saya merupakan mahasiswa asal aceh singkil (HIMPASS) yang studi di medan.harapan kami adalah agar masalah ini segera diselesaikan. mengenai YPB kami menghimbau agar mengerti apa yang menjadi pokok permasalahan yang sebenarnya.

    reply from acehsingkil:

    Buat YPB, segeralah berbenah diri :)

  43. Lord Of The Green
    April 1, 2009 pukul 21:02 | #43

    Hello ,, Gw orang gosong,,yang pernah ke pulo(dah sering),pasti dong gosong , dulunya gw dah sering ke pulo,liburan , terakhir ke pulo gw dokumentasiin anak kampung gw tanding persahabatan ama anak bola pulo ( 2007),sedih jg ngeliat kondisi pulo,tapi gw yakin kalo mau besar harus banyak masalah dulu,

  44. alfi
    April 13, 2009 pukul 22:32 | #44

    salam kenal dari orang haloban di banda aceh

    reply from acehsingkil:

    Salam kenal juga buat rekan2 Haloban di Banda Aceh :) :)

  45. alfi
    April 13, 2009 pukul 22:34 | #45

    mari bersama-sama kita ke pulau banyak terutama untuk berwisata……

  46. dodi
    April 22, 2009 pukul 16:52 | #46

    amazing island….
    ga kan pernah bosan untuk datang lagi..

    Special thx
    Sukardi “Jon Palambak”
    Maysal “Losmen Putri” P.Balai

  47. syafwan
    April 29, 2009 pukul 00:18 | #47

    pulau banyak,kalo kata mahmud bengkaru,adalah hamparan syurga di atas bumi yang di kelilingi lautan,sangat exotis,selama 2 taon di aceh singkil,liputan untuk tv,aq sangat menikmati semua keindahannya terutama pulau banyak…..paradise island beneran dech

  48. Lord Of The Green
    Mei 25, 2009 pukul 22:58 | #48

    elo…Bikin pulo banyak jadi tpt wisata yg bagus butuh ide & pelaksanaan yg bagus,jgn ngomong doang,tp bullshit,pas ngga?skrg yg nyata2 aja,jgn dikit2 minta bantuan pemda atawa non pemda,mulai aja dari diri sendiri,sejauh apa yg dilakukan,okeeee…

  49. Urang awak
    Mei 26, 2009 pukul 19:23 | #49

    Aq 0rg asli p.bnyk ckup bangga dgn p.bnyk yg mulai brkmbg…turis pun mulai bnyk yg dtang ke sni…0wh..btp makmurnya p.bnyk bbrp thn mndtng….

    I’m p.bnyk…

    I luv you…

    Good luck…

  50. Urang awak
    Mei 26, 2009 pukul 19:51 | #50

    Hlow smwa.
    Gk nygka y skrg p.bnyk itu bnyk d dtngn oleh wstwan asing..
    tp syg.kmampuan masyrkt p.bnyk untk brkmnks dgn pra wstwan asing krg bsa.
    Itu d krnkn klmhan pnddkn brbhs ingris d p.bnyk.
    Saya..(urang awak,siswa kls 2 sma negri 1 p.bnyk) mrskn lmh’a sistim pnddkn d sma ini,sma ini msh kkrgngn gru.yg plg saya sesali ada slah satu guru yg sgt mdah MENAMPAR muridnya.padhal mrid itu tdk mlkkn kslhn fatal,hanya dkrnakn dtang tlat.sitm mngjr ala militer ini,bkn mmbwt mrd pntr,ttp mbwt mrd truma n bdh

  51. Urang awak
    Mei 26, 2009 pukul 20:01 | #51

    dr cmntr yg saya tulis d atas,saya(urang awak,siswa klz 2 sma neg 1 p.bnyk)pada tgl 26 mai, brhrp pd pmrnth untk mmjkn pnddkn d p.bnyak,,dan untk kepala dinas,tlg d prhtkn gru yg suka mnddk dgn ala militer,itu bkn mbtw mrid jd pntar mlhn bs trauma akn gru trsbut,akbt’a ilmu yg d brkn gru tsbt tdk dpt d mnrgti mrd..shngga mbwt generasi p.bnyk mnjd bodoh n tdk mju2…

    Good luck p.bnyak…

  52. Urang awak
    Mei 28, 2009 pukul 06:41 | #52

    Y wlwpn dmkian,,,

    Aq ttp bangga dgn p.bnyk..

    Aq bangga dgn smansa p.banyk..

    Aq bangga dgn gru2′a…

    I luv you all…

  53. Diel Yudhi
    Juni 7, 2009 pukul 12:27 | #53

    Nilai jual potensi daerah sebenarnya tidak hanya P. Banyak tapi juga Danau Anak Laut, Pantai Gosong Telaga, Rawa Singkil (Adventure) dsb. Nilai jual tersebut harus dimulai oleh pihak swasta dan Pemkab A. Singkil mendukung dengan sarana dan prasarana serta perizinan. Tidak lupa juga harus didukung oleh SAPOL PP DAN WH.

  54. andar
    Juni 21, 2009 pukul 21:56 | #54

    I love a.singkil………. aduwhhhhhhh dah lam aq gax ke p.banyak gimana ya kbrnya sekarang………

  55. ervanda_saputra
    Juni 23, 2009 pukul 22:21 | #55

    haiiiii,,,,, mana berita penyu-penyu yang ada di pulau banyak,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,????????????

  56. wek
    Juli 3, 2009 pukul 09:20 | #56

    untuk promosi aceh singkil agar dikenal wisman dan domestik sbaiknya dimuat dunk foto dan informasi yang up date ttg Pulau Banyak yang fenomenal…..
    jgn lupa juga Rawa Singkil yang tersohor and Green Turtlenya yah,,,,,,,,

  57. Juli 5, 2009 pukul 11:33 | #57

    Assalamalaikum…..
    po kabar’o bang..? amb Rio anak haloban, salam kenal jo yo (araya khabar mo bang..? reo isin Haloban, sakam kenal moya nau).
    syukran banget dah nulis tentang Pulau Banyak di blok ni… emang benar pa yang bang tulis diatas. pulau Banyak itu adalah pulau yang sangat unik, unik dari segala aspek. dilihat dari segi bahasa, Pulau Banyak mempunyai bahasa tersendiri tidak sama dengan bahasa kabu kabupatenya sendri. dan kata yang ditulis dalam kurung diatas adalah bahasa Haloban. kalau diitip dari segi culture nya terbentang perbedaan yang seknifikat. so kawan-kawan yang ingin menyelami keunikan Pulau banyak terutama suku Haloban tidak usah takut, saya pastikan kawan-kawan yang ingin membidik langsung keindahan Pulau Banyak akan sangat seronok sesampainya disana. Pulau banyak adalah hamparan laut dangkat yang sangat indah dengan biotanya yang masih virgin dan bibir pantainya yang putih.
    asal kawan-kawan ketahui saye ja yang asli rang Pulau dak na berpise dengan Pulau pulau tersebut.
    satu lagi, kawan-kawan yang nak makan lobster murah, sehat, bergizi tinggi and dimasak dalam keadaan segar sangat di Pulau Banyak tempatnya..
    oia… dah dulu tik saye continue lagi, masih banyak nak saye sampaikan buat ence’-ence’ berkenaan dengan Pulau Banyak..
    syukran ya Bang..(trimoeng genase)

  58. Juli 6, 2009 pukul 03:33 | #58

    Suntuk juga ya,kalo liburan ketempat itu-itu aja…

  59. Sukran Sastra
    Juli 12, 2009 pukul 22:54 | #59

    mengapa saya mengomentari tentang pulau banyak, krna saya juga seorang putra daerah pulau banyak sendiri,,pulau banyak adlh salah satu pulau yang sangat terpencil dari kabupaten Aceh singkil, tp wlwpun terpencil msyarakatnya sangat sejahtera dengan hasil laut yang ada,,,! masyarakat pualu banyak penghasilannya mayoritas adalah nelyan,,,tp wlwpun nelaya,,,mereka mampu menyekolahkan anak-anak mereka sampai menjadi orang yang berguna,tp yang saya sayangkan disini,,,setelah berhasil mereka lupa akan kampung halamannya dimana tempat orang tuanya mencari nafkah untuk membelanjakannya selama melanjutkan pendidikan,,,,! saya berharap sama teman-teman yang intelktual mudah2han kita tidak tergolong orang-orang seperti itu,,krna apa, siapa lagi yang mampu membangun atau menjga pulau banyak kita tercinta selain putra daerah sendiri,,,! kita jangan tunggu orang yang akan membangunnya,,,tetapi kita yang akan membangunnya semua,,,saya yakin dengan kekompakan kita akan membuat sesuatu hal yang tidak mgkin bisa dilakukan oleh orang lain,,,artinya,,,pulau banyak itu adalh milik kita dan kembali kepada kita,,,,ingat kwn-kwn nasib pulau banyak kedepan ada di tangan kita bukan di tangan orang lain,,,! hanya itu komentar saya tentang pulau banyak tercinta,,,,!

  60. taufik
    Juli 29, 2009 pukul 00:35 | #60

    sebelumnya salam kenal dulu …..
    dan makasih dah nulis berita tentang pulau banyak,
    oh ya…..saya pengen tanya, bang fadh asli singkil yaa……?

    acehsingkil reply:

    Terimakasih..
    salam kenal kembali :)
    alhamdulillah,..

  61. ervanda-saputra
    Juli 31, 2009 pukul 12:06 | #61

    yang jadi pertanyaan bagi kami..
    bahasa daerah aceh singkil itu apa,,,?
    1, jamu atau
    2 bahasa kade-kade,

    yang kami tanyakan untuk aceh singkil,,,,

  62. Urang awak
    Agustus 2, 2009 pukul 18:19 | #62

    @bajan

    kLo mnrut 9w bhsa jamu dunkz..cz ibu kota aceh singkil yg trltak d singkil mayoritas’a menggunakan bhsa jamu.jd bleh d blg bhasa daerh aceh singkil adlh bhsa jamu..

    Itu cm opini 9w bRo….

  63. musjab
    Agustus 8, 2009 pukul 18:29 | #63

    Hallo bapak yang manis kalo cerita tentang penyu orang bulek leih tau itu sayang sekali bulek mlarang kita makan telur penyu sedang daerah itu daerah kita lucu kan kalo tidak ada penangkaran kemudian orang luar Pulau Banyak dibiarkan mengambil penyu kan lucu sekali seakan-akan berlaku hukum hanya untuk orang pulau banyak saja sekarang bule menangani pulau bangkaru apa yan ada dulu pengusaha pulau banyak menangani bapak bisa saksikan pak kasmir menangkarkan penyu setiap tahun melepas ribuan penyu sekarang apa yan terjadi 10 tahun lagi tidak ada penyu di pulau banyak…

  64. musjab
    Agustus 8, 2009 pukul 18:36 | #64

    salam hangat buat bapak yang telah menulis pulau banyak tentang pulau banyak yang mengatakan bahwa pulau banyak itu tempat surving, scuba dll tp nampaknya tapi tidak terpikir oleh bapak bagaimana penderitaan masyarakat pulau banyak mencari nafkah dilaut sekarang masih pelarangan mengambil telur penyu nanti pelarangan mengambil ikan bapak bisa lihat dimedia massa di Irian Jaya ada kok penangkaran buaya buaya merupakan satwa yang dilindungi namun karena mereka menangkarkannya bisa untuk dijual kenapa dengan telur penyu cuma hanya ada larangan tidak ada solusi untuk penangkarannya terima kasih

  65. rudi priandani
    September 5, 2009 pukul 04:40 | #65

    mri berzma2 qta bngn pl0 bnyak…
    0k….
    amb0….

  66. Muhammad Alfuraihani
    September 9, 2009 pukul 16:58 | #66

    apa yg hrz kita bnggakan klo seandainya p.banyak ni maju N ddatangi bnyk WISMAN akn ttp klo nnti akhirx para nlayan p.bnyak dbtasi dlm mncr nfkahx,adA lah TRdengar kbr ttg plrngan mncr rzki/mlaut dsktr pulau yg dsinggahi turiz,

    apkh pulau ni hrt pningglan nnek moyang.x turìz tsbt?
    slm knal:muhammad alfuraihani@gmail.com

  67. rachmat sudrajat
    September 23, 2009 pukul 13:23 | #67

    ass wr wb
    salam kenal
    terima kasih sebelumnya atas keberadaan forum ini, inspiratif dan membawa semangat memajukan daerah kita Aceh singkil!!
    saya rachmat sudrajat lahir dan besar di bandung latar belakang pendidikan saya jurnalistik, kebetulan dan alhamdulillah asal usul kedua orang tua saya dari singkil (RTGD+Runding).
    saya sekarang berdomisili di aceh singkil, memegang usaha orang tua di P. Banyak, penangkapan ikan (teknik muroami) jadi saya sering ke P.banyak.
    saya sepakat pulau banyak memiliki potensi yang sangat baik bahkan bisa dikatakan paket komplit wisata bahari (mancing, selam, selancar, petualangan, pemandangan yang tidak usah diragukan lagi,dll). memang terdapat banyak ketertinggalan yang harus kita kejar untuk mempromosikan daerah kita ini. tetapi saya optimis melihat semangat rekan-rekan yang ingin memajukan daerah kita ini, salah satunya dengan adanya forum seperti ini. terus semangat!!dan jangan lupa aksi nyatanya ya!!!….
    salam..

    reply from acehsingkil:

    Salam kenal kembali buat Sdr. Rachmat,
    Terima kasih karena telah bergabung dengan kami disini, semoga kita selalu bisa berdiskusi untuk membangun negeri ini..

  68. ervanda_saputra
    September 26, 2009 pukul 19:36 | #68

    bakpo bisa kito awas kan benalu dipulo kito ko ,,,,,
    sadang kan tokoh – tokoh masyarakat nyo ala gabung samo rantu BENALU tu ,,,, contoh nyo ketua pemuda perdesplay,,,,,, kepala kehutanan p,banyak,,,,,,, banyak lagi contoh nyo ,,,,,,,, pasti tzu,,,, rantu tu tu bkan manguntung kan awak tapi

  69. agus fendra
    September 26, 2009 pukul 23:10 | #69

    alangkah sempurnanyo, klo berlibur kapulo banyak awak mencicipi kopi ala-pulo…

  70. Delist syahputra
    September 27, 2009 pukul 16:43 | #70

    Bagi para siswa serta alumni SMA 1 pulau banyak yg ado facebook.Gabung di grup facebook yang namonyo”SMA NEGRI 1 PULAU BANYAK ACEH SINGKIL..cari di pencarian.

    Note:
    Grup ko hanya untuk siswa serta alumni smansa pulo.yang lain pantang untuk gabung.

  71. Herlay Daputra
    September 29, 2009 pukul 15:22 | #71

    hai,, semua rekan2. Salam sejahtera tuk kita semua. saya merasa upaya yayasan YPB, sudah berusaha melestarikan penyu di kec.Pulau Banyak, tapi kalo bisa, ditingkatkan lagi usahanya, dan terus maju dalam memberikan kontribusi yang terbaik untuk masyarakat; yayasan ypbk kec P.Banyak. ok, selamat berjuang semoga sakses selalu YPB.
    by ketua mahasiswa kec, P. Banyak, HIMAPELBA Periode 2009 s/d 2010

  72. Pridi Pulau
    September 30, 2009 pukul 15:42 | #72

    mari sekarang berbuat mulai dari hal yang terkecil..
    pulau bnyak adalah milik kita..
    kalo bukan kita siapa lagi..
    kalo bukan sekarang kapan lagi…

  73. Marwan
    Oktober 9, 2009 pukul 14:31 | #73

    Assalamu’alaikum

    Salam kenal semua buat warga Aceh Singkil, Saya butuh informasi tentang Aceh Singkil untuk akses ke sana. Mohon informasinya.

    Wassalam
    Terima kasih

    reply from acehsingkil:

    salam juga buat Sdr. Marwan dari warga Aceh Singkil :)
    informasi akses yang seperti apa yang Sdr maksudkan?
    terima kasih..

  74. Marwan
    Oktober 9, 2009 pukul 14:34 | #74

    Oyaaa..saya lupa saya tgg informasinya di alamat email saya.marwan.idris@yahoo.com.

    Wassalam

  75. Oktober 17, 2009 pukul 12:39 | #75

    Sekedar info. http://www.pariwisata-singkil.com Web site resmi Dinas kebudayaan pariwisata pemuda dan olah raga kabupaten aceh singkil.

  76. Oktober 28, 2009 pukul 18:19 | #76

    Kalo bisa sih di posting juga tempat-tempat penginapan yang sudah tersedia. terakhir saya kesana, pembangunan penginapan masih dalam proses. semoga sudah lengkap semua ya..
    yg jadi masalah bagi wisatawan lokal adalah mahalnya biaya transportasi antar pulau. semoga ini bisa jadi bahan pertimbangan..

    terima kasih…

  77. bent
    Oktober 31, 2009 pukul 15:21 | #77

    apapun cerita pulau palambak itu bersih kn dulu…
    pondok2 di sana itu udah busuk2…
    udah ga layak pake…

    sebaiknya di tinjau ulang…
    dasar pulau tak berpenghuni.
    silih berganti org dtg kesana cuma liat2 doang..

  78. November 5, 2009 pukul 17:23 | #78

    Bent, muda2 han. Pemerintahhn kta bisa lbh tnggap amin, khuss a dinas yg tlah di beri wewenang, oleh pemerintahan Negara..ya gk?

  79. November 12, 2009 pukul 05:08 | #79

    HANYA SEKEDAR MENG INGATKN. Aslm, wahai sedara2 lon yg antusias thdp pmsalahn Pulau Banyk. kiban cara pulau banyak…?? Ok kn…? Tpi kta sdih, msh bnyk saja tngn2 jail yg msh saja arogan,egois,kapital thdp anugrah Allah S.W.T khusus a Thdp alam Pulau Banyak, ke’ g’da pemikiran (cara) yg bisa kta pikirkn,, kek manaaalah kta bsa berkembang klo mentalitas premanisme laut,penyu, ikan, dll kta pelihara,& ini nih: “ORANG DLM BEKERJA SAMA DLM MENGOBOK2 NEGRi SENDIRI”. nahkn, ini ke bngetan x egois a, ya gk!! Kira2 kta apakn yg enak a orang semacam itu, klo kdaptn? Kta sate? Kta rebus? Di goreng, trus kta ksh sama ikan, penyu2, Ato mnrut kwn2 ke’ mana???? Al a yg di bomerangkn itu masyarakat ramai & negara indonesia ini, muda2hn mereka mau membuka mata hati a ke arah dan cara2 yg positif+ profesional.,, amin, tuk teman2 yg blum smpat dtng, dtng ja ke kordinat a langsung (Pulau Banyak), insya Allah seru loh, kacian deh lo klo g bisa dtng.!!! O i a, buat ab yg pnya blok ni, ijin a bng? da’ ksh komntr. salam kenal & sejahtera tuk kita semua. Spesial a buat ab yg pnya blok, trms sblum &

  80. kazmir
    November 13, 2009 pukul 15:43 | #80

    nama nya aja pulo banyak otomatis banyak la pulo nya. . . ya kan kawan 2x apa lagi dengan wisata yang begitu indah. . . yee . . . pokok nya asyik. deh rasa nya kalau ngga pigi rugi dehh salam kepada pulau banyak smua…………………………….

  81. November 14, 2009 pukul 12:40 | #81

    asslm b, empi. g mana kahbarnya?…. ijin komentar b. menurut saya pulau banyak itu, sebenarnya secantik apapun alamnya tanpa ada upaya renovasi terhadap alamnya nonsen sama sekali. alias gitu-gitu aja. nah oleh karena itu saya sangat mengharapkan dengan sangat adanya upaya yang bersinergi dari pemda setempat untuk melihat momen tersebut?????? karena apapun ceritanya pemda punya wewenang secara tertulis dimata hukum untuk mengambil kebijakan tentang infra stuktur, sosial,ekonomi, kesehatan,pendidikan. dan msih banyak lagi. muda-mudahan semua itu dapat terealiasasi oleh pemda kita…. kita akn dukung. tenks bang…..

  82. November 14, 2009 pukul 13:12 | #82

    lagi-lagi B Empi, ijin komentar. akhir-khir ini menurut hemat saya dilapangan, turis lokal maupun internasional sudah mulai ramai mengunjungi salah satu objek andalan kabupten singkil kita yaitu PULAU BANYAK. terbukti ketika saya mudik lebaran dari Banda Aceh, pada waktu itu saya melihat dengan maTa kepala saya bahwasannya turis dari medan alias lokal, berjumah +- 30 han berenang-renang di dekat pelabuhan feri pulau banyak DENGAN SEMANGATNYA. dengan memakai sampan moderen. nah untuk keindahan alam bawah lautnya, g diragukan lagi. karna saya sendiri mantan penyelam tripang, maupun udang, beserta ikan di kecamatan pulau banyak. luar biasa…. lalai kita karna keindahan nya. maha suci Allah. Di antara kawasan yang sudah kita selam adalah, di pulau palambak +- 15 m, pulau jawi-jawi tepatnya di gosong gading-gading +- 30 m, di depan pulau panjang +- 10 m, di ujung pulau rangit kedalaman +- 25 m. & masih banyak di pulau yang lainnya , pokoknya asik banget. buat teman-teman yang mau mengunjungui pulau banyak gak usah ragu. pada kedalaman +- 25 m. ikan nya masih kelihatan. waw kayak aquarium, tapi ini beda teman-teman aquarium dunia,

  83. irman rinaldi (adek)
    November 27, 2009 pukul 00:58 | #83

    salam untuk kawan2 ambo di pakan singki,ambo lulusan sd 3 singki,waktu itu kepala sekolahnya Ibu Askiah,lulusan th.84,saya masih ingat betul dgn kalian semua : awir,uyung,irman,ipar,rudi,irwan,agam,dahir,dll, semoga kalian sehat2 semua dan succes,amin.

  84. Desember 19, 2009 pukul 20:39 | #84

    memang pulau banyak itu kaya dengan keindahan alam nya, tapi sayang karna blum d kololah dengan baik , maka dari pemerintah harus peduli akan keindahan yang ada di pulau tersebut,, saya sebagai putra daerah pulau banyak , sangat peduli akan keindahan pulau tersebu,,,

  85. syafruddin m
    Januari 3, 2010 pukul 20:54 | #85

    salam kenal…saya taon 2003 n 2004 pernah pernah menjabat danramil di pulo banyak…mohon klo ada foto2 di taon itu di upload dsini

  86. Januari 7, 2010 pukul 12:13 | #86

    ♥ Sayaaaaa, minatt berlibur ke Pulau banyakk :)

  87. acehsingkil
    Februari 15, 2010 pukul 13:03 | #87

    Salam kenal jg dari warga acehsingkil blog,. insyaallah kalau ada foto2 pada tahun itu akan di upload.. sekarang tugas dimana?
    Terimakasih atas kunjungannya.. :)

  88. April 12, 2010 pukul 16:23 | #88

    luaaar biasa…….ingin rasanya berkunjung ke aceh singkil….tapi apakah di singkil daerahnya kondusif…….
    jika memang ada temen yang bersedia mengundang saya akan pertimbangkan untuk datang..apalagi klo memang waktunya tepat….pasti saya bersedia memenuhi undangan tsb….

    Reply from acehsingkil :

    Salam kenal Bg Rian :)
    Terimakasih atas kunjungannya ke site ini, dan alhamdulillah Aceh Singkil adalah daerah yang sangat kondusif, kedatangannya sangat di dinantikan oleh warga Aceh Singkil :)
    Buat warga Aceh Singkil yang ingin mengundang Bg Rian untuk berkunjung ke Aceh Singkil, dipersilahkan untuk menghubunginya langsung.. :D

  89. Osman Yadi Berutu. Putra Dairi
    Juni 27, 2010 pukul 14:02 | #89

    Wahhh,,, asyikkk…
    trnyata selain di bali, ada juga pantai yang indah di Pulau Sumatra, khususnya Daerah Tetangga SUMUT..
    maju lahhh Aceh Singkil…!!!
    tunjukkan pada Dunia, kalo keindahan Alam mu gk kalah dari Negara2 lain.. khususnya di INDONESIA..

    Reply from acehsingkil:

    Salam kenal Sdr. Osman Yadi Berutu . . :)

    Terimakasih telah mampir di daerah kami :)

  90. OSMAN YADI BERUTU. PUTRA DANAU PARIS
    Juni 27, 2010 pukul 14:25 | #90

    maju lahh Aceh Singkill…
    tunjukkan dirimu di mata dunia..
    jangan berdiam diri teruss..
    untuk Dinas terkait, tertama Dinas Pariwisata..
    mohon buat website pariwasata di Aceh singkil..
    agar wisatawan tau.. kalau daya tarik pariwisata kita
    gak kalah takjub dari daerah2 lain..

    segeraaaa……

  91. iroel de rijal
    Juni 29, 2010 pukul 12:49 | #91

    saya mau nanya ni om…
    ada gak agent travel yang nyediain paket liburan ke pulau banyak…
    khususnya di banda aceh…
    saya berniat mau berlibur kesana…

    acehsingkil reply:

    Salam kenal Sdr. Iroel.. :)
    Buat kawan2 di acehsingkilblog ada yang bisa ngasih informasi gak ya tentang pertanyaan diatas??
    Terimakasih pertanyaannya yg sekaligus masukan untuk pengembangan wisata Aceh Singkil.. :)

  92. September 5, 2010 pukul 18:19 | #92

    hehehee.. jadi lucu baca profil wisata di p.banyak ini oleh penulis. keliatan gak updatenya.

    wisata indah, ramai turis, trumbu karang bagus,.. hehehehehe

    wisata yg mana.? turis asing datang bukan diladeni, malah diperes dengan harga yg extra tinggi untuk menikmati fsilitas tour..!!!

    trumbu karang yg bagus, hehehe dari hongkong..!!! warga sekitar pada pake putas, bom, jarah trumbu karang. karang buat bangunan rumah, jalan, ( proyek ) apalah itu…!!

    yg lebih miris lagi, dibangun LSM lingkungan hidup yg namany YPB ( yayasan pulau banyak ) tak ubah LSM lokal yg semata cuma cari hartra dan kuas semata..!!! usut tuntas itu yg namanya TAKSIS..!!! wahai warga singkil, buka mata dan cari tau semua kebusukan dan jamur busuk yg nempel dikalangan PEMERINTAHAN SINGKIL dan pulau banyak KHUSUSNYA…

    salam kebebasan…

    reply from acehsingkil:

    Salam kenal Saudara.. :)

    Terimakasih sekali atas masukannya yang sangat membangun, semoga menjadi manfaat yang inda bagi semua masyarakat Aceh Singkil, amin!

    Mari membangun . .

  93. aulia satria
    September 26, 2010 pukul 21:30 | #93

    wah mas-mas,mbak-mbak,saya jadi pengen ke pulau banyak,tp ga di kasih ortu,padahal ortu saya asli aceh singkil..
    adain tour dong buat teenegers,biar ada yg tanggung jawabin ma biar bisa sharing ilmu jugak kan,ngapain surfing sampek ke bali kalok di kampung sendiri aja ada..

    acehsingkil reply:

    Salam buat Sdr. Aulia Satria,

    Btw, usulannya sangat bagus tu, semoga ada yg bisa merealisasikannya, amin.

    Thank ya dah mampir :)

  94. Desember 27, 2010 pukul 01:52 | #94

    Thanks alot, informasi yang menarik, jadi pengen jalan2 ke pulau banyak

  95. destha
    Januari 8, 2011 pukul 19:59 | #95

    duh……..
    kpn ea aq bsa ksana???????
    aq pngen……..

    acehsingkil reply:

    mksh Destha sudah berkunjung :)
    acehsingkil menanti kedatangannya…

  96. ripa berutu
    Februari 22, 2011 pukul 11:53 | #96

    kpan y qu ke p.bnyak lg . berlibur ksna ampe lpa plang
    lw di bndingkn dgn bali lbh cntik lg p.bnyak
    cma di p.bnyak fslitas2 msh krg sprti toilet , pnyediaan air bersih stlh mndi2 di pntai

    acehsingkil reply:

    Salam.. :)
    Pulau Banyak menanti kedatangannya kembali..

  97. Desember 11, 2011 pukul 01:54 | #97

    Mari Berkunjung Ke Pulau BAnyak, Dengan Mengklik Alamat Ini
    http://pbanyakonline.blogspot.com/
    http://kepulauanbanyak.blogspot.com/
    http://pulaubanyakonline2.blogspot.com/

    Kunjungan Anda Kami Tunggu
    Terima kasih

  98. April 16, 2013 pukul 02:19 | #98

    Pualau Banyak Barat di tahun 2020 akan menjadi wisata go to internasional.

  99. Maulana
    Januari 29, 2014 pukul 17:32 | #99

    Ingin sekali berkunjung ke Kepulauan Banyak…

    Mudah2an bisa terwujud.. Amiin

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: